Cari Blog Ini

Minggu, 10 Juli 2011

Ensiklopedi NoSyaSa


Ensiklopedi NoSyaSa

v  Sains
Menurut Nash dalam bukunya The Nature Of Nature Science (Nash, 1963) “Science is a way of looking at the World”.
Dalam buku UNESCO Handbook for Science Teachers “Science is what Scientists do”.

v  Batuan
Ukuran kekerasan batuan dari yang paling lunak sampai yang paling keras:
-          Tale
-          Gypsum
-          Calsite
-          Fluorite
-          Apatile
-          Feldapar
-          Quartz
-          Beryl
-          Corudium

v   Mikroskop
Bangsa Romawi sudah memakai kacamata pembesar sekitar 2000 tahun lalu. Sekitar tahun 1590 mikroskop pertama dibuat oleh Hans dan Jacharias Janssen, tukang kacamata Belanda.

v  AIDS
AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome), penyakit yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immuno Deficiency Virus). Begitu seseorang terkena HIV, virus ini akan terus berada dalam tubuh orang yang bersangkutan dan melemahkan sistem pertahanan tubuh yang dilakukan oleh sel darah putih.
Penularan HIV:
-          Hubungan seks dengan penderita HIV
-          Transfusi darah yang mengandung HIV
-          Penggunaan jarum suntik, tindik, tato yang dapat menimbulkan luka dan telah tercemar HIV
-          Ibu hamil yang terinsfeksi virus HIV dapat menularkan pada bayi yang dikandungnya
HIV sangat rapuh dan cepat mati diluar tubuh manusia, virus ini juga sensitif terhadap panas dan tidak kuat hidup pada suhu diatas 60oC
v  Gempa Bumi
Menurut terjadinya gempa dibedakan atas 3 jenis, yaitu:
-          Gempa Vulkanik
Disebabkan oleh erupsi gunung api, berdasarkan penelitian gempa bumi yang diakibatkan oleh letusan gunung api hanya sekitar 7% dari seluruh gempa yang terjadi dimuka bumi.
-          Gempa Tektonik
Disebabkan oleh pergeseran lapisan kulit bumi. Gempa ini tergolong paling berbahaya. Berdasarkan penelitian lebih dari 90 % gempa bumi yang pernah terjadi dimuka bumi berupa gempa tektonik.
-          Gempa Runtuhan
Disebabkan oleh tanah longsor, gua runtuh dan sejenisnya.

v  Kutub Utara
Pada malam hari dikutub utara yang berlangsung selama 6 bulan suhu udara sangat dingin dan angin bertiup kencang. Beruang kutub memanfaatkan kondisi ini untuk tidur panjang. Kegelapan langit dimalam hari seringkali dihiasi oleh cahaya warna-warni yang muncul beberapa saat kemudian menghilang. Cahaya warna-warni ini dinamakan cahay kutub atau disebut “Aurora Polaris”.

v  El Nino dan La Nina
-          El Nino adalah memanasnya suhu air permukaan laut dipantai barat Peru- Equator (Amerika Selatan) yang mengakibatkan gangguan iklim global. Biasanya suhu air permukaan laut didaerah tersebut dingin karena adanya “Up Welling” dari dasar laut menuju permukaan. Sejak tahun 1980 telah terjadi 5 kali El Nino, yaitu pada tahun 1982, 1991, 1994, dan 1997/98. El Nino muncul kembali sekitar 4-10 tahun sekali.
-          La Nina adalah kondisi cuaca yang normal kembali setelah El Nino.

v  Hujan
Kecepatan maksimum pada saat tetes air hujan mengenai kita adalah sekitar 29 km/jam. Dalam sebuah ruang hampa, makin tinggi jatuhnya debuah benda makin besar kecepatan yang diperoleh, namun dalam kehidupan sehari-hari setiap benda yang jatuh mengalami hambatan udara yang mengimbangi pengaruh kecepatan gravitasi.

v  Kutu
Pada saat seekor kutu melompat, percepatannya mencapai dua puluh kali percepatan yang dibutuhkan sebuah pesawat ruang angkasa selama peluncuran. Kecepatannya mencapai 100 m/s dalam 500 detik pertama.

v  Tsunami
Terjadi akibat gempa tektonik dasar laut atau letusan gunung api dilaut. Karakteristiknya, setelah terjadi gempa yang pusatnya dilaut, air laut akan surut dengan cepat. Sehingga pantainya semakin melebar, kemudian selang beberapa menit air laut naik dengan cepat disertai gelombang yang tinggi dan berkecepatan tinggi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar